Jumat, 02 Oktober 2015

ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL

ANALISIS FILM
Oleh    : Emiliana Sari Intan Saragi
             1502140316


Judul Film            : Taken
Durasi                   : 1 jam 33 menit
Genre                   : film laga, cerita seru, fiksi kriminal
Sutradara            : Pierre Morel
Ringkasan Cerita
film Taken ini adalah film yang bergenre action ini muncul pada tahun 2008. Isi dalam cerita ini adalah Bryan(Liam Nels) yaitu seorang polisi yang sudah bercerai dengan istrinya. Bryan telah memiliki seorang anak yang sedang beranjak dewasa yang bernama KIM yang dibintangi oleh Maggie Grace. Kim tinggal bersama Ibunya setelah orangtuanya bercerai. Stuart suami dari Ibu Kim memberikan Kim sebuah kejutan yaitu memberikan tiket konser penyanyi atau pop star yang sangat dikagumi oleh Kim. Konser tersebut Tour keliling Eropa. Dengan sangat senang Kim mengambil kejutan tersebut. Namun ada hal yang harus dilakukan Kim terlebih dahulu yaitu mendapat izin dari Ayahnya, Bryan. Setelah Ibu Kim, Bryan dan Kim berunding, akhirnya Kim diperbolehkan untuk mengikuti tour tersebut. Sewaktu mengantar Kim ke Bandara, Bryan kaget ternyata tour tersebut keliling Eropa bukan hanya di Paris yang dikatakan Kim dan Ibu Kim kepada Bryan. Dengan berat hati Bryan melepas Kim ikut dalam Tour tersebut dengan syarat setiap 1 jam sekali memberi tahu Bryan dimana keberadaan Kim saat disana. Kim berangkat ke Eropa bersama temannya Amanda ( Katie Cassidy ). Sesampainya dibandara Paris, Kim dan Amanda tidak sadar bahwa ada Lelaki yang sedang mengikuti mereka. Dengan alasan ingin menolong mereka berdua foto. Kim dan Amandapun mau. Setelah itu tanpa basa basi Kim dan Amanda memberikan alamat mereka dimana mereka akan tinggal diParis dengan lelaki yang baru dikenal tersebut. Waktupun berlalu, setelah Kim dan Amanda sampai di apartemen yang kata Amanda adalah apartemen saudaranya tersebut. terdengar suara kaki berasal dari pintu masuk yang ingin mencoba menculik mereka. Kim yang sedang berada di dalam kamar mandi melihat dari kaca bahwa Amanda telah dibawa oleh lelaki ke luar rumah. Kim sangat takut dan segera menelepon Bryan. Kim tidak tahu harus berbuat apa. Akhirnya Bryan menyuruh Kim untuk keluar dan bersembunyi di bawah tempat tidur. Pada saat mereka menangkap Kim, Bryan ingin Kim mengatakan apa saja ciri-ciri dari para lelaki itu dengan sangat jelas. Dengan pasrah Bryan melepas Kim untuk dicuri. Setelah Kim dibawa keluar, Bryan merekam apa saja ciri-ciri yang dikatakan oleh Kim tadi. Bryan langsung menuju ke Paris dan menghubungi kepolisian setempat. Ternyata setelah Bryan mencari tahu lebih lanjut siapa yang mencuri dan untuk apa mereka dicuri, Kim dan Amanda adalah wanita yang ingin dijual atau dijadikan pekerja seks komersial (PSK). Dengan amarah Bryan mencari pelaku pencurian tersebut dan membunuh mereka satu persatu. Pencurinya bukan hanya satu orang saja. Melainkan suatu kelompok yang sudah terkenal di Paris. Akhirnya Bryan pun menemukan Kim sedang dilelang di atas kapal pribadi, tapi sayang sekali Bryan menemukan Amanda dikeadaan yang mengenaskan disebuah kamar yang sempit. Bryan pun lalu membawa Kim pulang ketempat asal mereka.


TAKEN

Analisis : dari cerita diatas, kita dapat mengaitkan dengan teori komunikasi interpersonal “Teori Permainan”
Teori permainan adalah analisis transaksional, dalam model ini orang orang berhubungan dalam bermacam-macam permainan. Permainan tersebut dapat kita samakan dengan kata peranan dalam kehidupan sehari. Dalam film tersebut apabila kita melihat dari sisi Bryan. Bryan memiliki peranan yang bermacam-macam.

Peranan orangtua : bagaimana pada saat Kim ingin pergi keliling Eropa. Bryan memberikan syarat bahwa dalam 1 jam sekali Kim harus menelepon Bryan dan Kim pun menyetujuinya. Peranan orangtua Bryan yang memerintahkan anaknya Kim agar patuh terhadapnya. Dan pada saat Kim sedang berulangtahun Bryan memberikan Kim sebuah hadiah mesin karaoke karena Kim sangat ingin sekali menjadi pop star.  




Peranan Kepolisian : dalam menyelematkan Kim yang diculik oleh sekelompok lelaki tidak dikenal. Bryan juga ikut mencari dan mengidentifikasi pencuri tersebut. pekerjaannya yang sebagai Polisi itu juga membantu Bryan dalam mencari anaknya.






Peranan dewasa : pada saat Bryan dan Ibu Kim berunding dalam menentukan apakah Kim diperbolehkan ikut ke dalam acara Tour tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar